}
Selamat Datang di SYAMBAYU8 : Article For Everyone. Terimakasih Telah Mengunjungi Kami
SYAMBAYU8. Powered by Blogger.

------------------------------

My Archive

Konten

Total Tayang

Top News

Usaha Tani (17)

Konten

Powered By Blogger

Saturday, October 26, 2013

Membuat Susu Kedelai

Artikel lanjutan dari : Susu Kedelai


Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam membuat susu kedelai yaitu sebagai berikut :


A. Pemilihan Bahan Baku Kedelai

Berdasarkan pengalaman dalam proses pembuatan susu kedelai untuk menghasilkan susu kedelai yang berkwalitas baik adalah biji kedelai varietas impor dibandingkan biji kedelai local. Hal ini di sebabkan karena bijinya besar, sehingga bila dilakukan perendaman bijinya cepat empuk dan jika diperas maka air susunya lebih kental.


B. Sortasi Bahan Baku

Pisahkan biji kedelai dari kotoran seperti batu, ranting serta daun dan biji yang rusak. Biji kedelai yang kotor dan rusak akan mempengaruhi kwalitas susu kedelai seperti bau dan warna yang agak kehitaman


C. Perendaman

Untuk mempermudah pengelupasan kulit kedelai dan pemblederan, sebelum diribus dilakukan perendaman kedelai dengan larutan baking soda 0,5 % selama 20 menit. Perendaman di lakukan pada suhu ruang dengan perbandingan larutan perendaman dan kedelai 3:1 sehingga apabila berat biji kedelai 250 gr, maka larutan soda yang di butuhkan adalah 750 ml.


D. Perebusan

Perebusan kedelai dilakukan dengan cara merebus selama 15 menit setelah air rebusan mendidih, setelah itu diangkat dan ditiriskan, lalu bilas dengan air segar.


E. Pengelupasan 

Pisahkan kulit kedelai dengan cara meremas-remas kedelai dengan tangan kemudian tambahkan air, kulit yang mengembang dapat di buang. Lakukan hal tersebut secara berulang-ulang sampai kulit bersih


F. Penghilang Bau

Bau dan rasa langu dapat di hilangkan dengan cara mematikan enzim lipsigenase dengan suhu panas, rendam biji kedelai yang telah bersih dengan air panas selama 20 menit sebelum proses penggilingan.


G. Penyaringan 

Bubur encer kedelai di saring dengan kain kasa dan fitratnya merupakan susu kedelai mentah.


H. Pemasakan

Masak susu kedali mentah dengan cara diaduk-aduk secara terus menerus di atas api kecil sampai mendidih, dan untuk menambahkan cita rasa dapat di tambahkan garam secukupnya dan gula sebanyak 150-200 gram atau flavor seperti coklat, moka, pandan, strobery secukupnya.


I. Pengemasan

Susu kedalai yang sudah jadi dapat dengan di kemas dengan menggunakan plastic atau gelas aqua yang di tutup dengan aqua saler, Masa kadaluarsa susu kedelai cair lebih kurang 3 hari, bila pada pengolahannya di beri zat pengawet bisa tahan sampai 7 hari. Bila dipasteurisasi dan disimpan si lemari es dapat berumur lebih dari 7 hari

0 komentar

Iklan

My Profil

My Photo
Bungo, Jambi, Indonesia