}
Selamat Datang di SYAMBAYU8 : Article For Everyone. Terimakasih Telah Mengunjungi Kami
SYAMBAYU8. Powered by Blogger.

------------------------------

My Archive

Konten

Total Tayang

Top News

Usaha Tani (17)

Konten

Powered By Blogger

Tuesday, September 24, 2013

Manfaat, Khasiat, Kegunaan dan Kandungan Gizi Ikan Gabus

Ikan gabus C. striata termasuk famili Channidae adalah salah satu kelompok ikan yang sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari. Karena ikan tersebut merupakan sumber protein hewani yang sangat tinggi, terutama sumber albumin bagi penderita hipoalbumin (rendah albumin) dan luka. 


Baik luka pascaoperasi maupun luka bakar. Bahkan, di daerah pedesaan, anak laki-laki pasca dikhitan selalu dianjurkan mengonsumsi ikan jenis ini agar penyembuhan lebih cepat (Reyhanah, 2008). 

Banyak petani yang mengusahakan budidaya dan penangkapan ikan gabus sebagai mata pencaharian. Selain itu, ikan gabus merupakan salah satu komoditi ekspor non-migas. Sekarang ini, ikan gabus sudah semakin berkurang karena lingkungan perairannya yang terganggu akibat limbah maupun karena terlalu di eksploitasi secara berlebihan. Hal tersebut ditandai harga ikan yang semakin mahal. 

Lingkungan perairan yang terganggu akibat adanya pengairan yang kurang baik ataupun karena adanya limbah rumah tangga menyebabkan peternakan ikan terserang penyakit baik kereacunan akibat limbah maupun karena penyakit yang sisebabkan oleh parasit (Komarudin, 1985).

Pusat Pengajian Sains Farmasi Universiti Sains Malaysia (USM) telah menghasilkan tablet dan krim  obat luka tahun 1999 dan sekaligus menjadikan Prof Madyar Saringat Baie sebagai orang pertama yang menghasilkan tablet dari ikan Gabus. Menurut Saringat Baie, Ikan Gabus mempunyai asam amino dan lemak yang dapat menyembuhkan luka dalam perut serta amat baik untuk mengobati penyakit gastrik. Syaratnya, ikan Gabus  tersebut harus Ikan Gabus liar dan bukan Haruan yang dibudidayakan.

Khasiat & Kegunaan ikan gabus : 

1. Meningkatkan kadar Albumin dan Daya Tahan Tubuh.

2. Mempercepat proses penyembuhan Pasca Operasi.


3. Mempercepat penyembuhan Luka Dalam / Luka Luar.


4. Membantu proses penyembuhan pada penyakit:
       -Hepatitis, TBC/Infeksi Paru, Nephrotic Syndrome,Tonsilitis,
       -Thypus, Diabetes, Patah Tulang, Gastritis, ITP, HIV,
       -Sepsis, Stroke, Thalasemia Minor.


5. Menghilangkan Oedem (pembengkakan).


6. Memperbaiki Gizi Buruk pada Bayi, Anak dan Ibu Hamil.


7. Membantu penyembuhan Autis.


8. Sebagai larutan pengganti pada keadaan defisiensi albumin consolidating


Kandungan gizi ikan gabus 

Ikan Gabus mengandung energi sebesar 77 kilokalori, protein 12,4 gram, karbohidrat 3,7 gram, lemak 1 gram, kalsium 90 miligram, fosfor 192 miligram, dan zat besi 2,5 miligram.  Selain itu di dalam Ikan Gabus juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,02 miligram dan vitamin C 0 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Ikan Gabus, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 62 %.

0 komentar

Iklan

My Profil

My Photo
Bungo, Jambi, Indonesia