}
Selamat Datang di SYAMBAYU8 : Article For Everyone. Terimakasih Telah Mengunjungi Kami
SYAMBAYU8. Powered by Blogger.

------------------------------

My Archive

Konten

Total Tayang

Top News

Usaha Tani (17)

Konten

Powered By Blogger

Thursday, October 24, 2013

Manfaat Limbah Kotoran Ternak Sapi Menjadi Biogas Dan Pupuk Organik



Berbagai kebijakan telah di terbitkan dalam mendukung program ketahan pangan yang dicanangkan oleh pemerintah diantaranya, swasembada pangan ( beras, kedelai, dan jagung ) swasembada daging dan konvensi minyak tanah menjadi gas.


Berbagai kebijakan telah di terbitkan dalam mendukung program ketahan pangan yang dicanangkan oleh pemerintah diantaranya, swasembada pangan ( beras, kedelai, dan jagung ) swasembada daging dan konvensi minyak tanah menjadi gas.


Penguatan sektor ekonomi kerayatan pun sangat mendapat perhatian serius sehingga penyebaran program - program tersebut dapat menyentuh langsung kepada masyarakat pedesaan. Meskipun demikian dengan bertambahnya penduduk maka kebutuhan penggunaan bahan bakar akan meningkat sehingga bahan bakar yang berasal dari  bumi semakin habis, terutama gas alam dan minyak tanah. 



Dengan kelangkaan bahan bakar minyak terutama minyak tanah dan gas yang merupakan bahan bakar dasar rumah tangga, semakin menyulitkan masyarakat khususnya masyarakat lapisan bawah. Sementara kebutuhan harian tak bisa di tunda, untuk itulah di butuhkan sebuah solusi yang mampu mengatasi kesulitan tersebut. 

Salah satu sumber energy alternative yang murah dan mudah disediakan dilingkungan pedesaan untuk menggantikan gas alam dan minyak tanah adalah biogas yang berasal dari kotoran ternak yang diolah dengan metode tertentu sehingga bisa mengumpulkan gas yang bisa dipergunakan sebagai bahan bakar.

Pada prinsipnya, pembuatan biogas itu sangatlah mudah dilakukan. Siapapun yang mempunyai hewan ternak dapat melakukannya karena tidak membutuhkan teknologi tinggi. Atau dengan kata lain, di terapkan dengan teknologi yang sederhana dan bahan-bahan dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat kalangan menengah kebawah. Disamping itu bahan dasar pembuatan biogas cukup tersedia atau tidak sulit untuk mencarinya. Namun sebaliknya manfaat yang di peroleh dari pembuatan sangatlah besar. 

Beberapa mamfaat yang dapat dihasilkan dari pembuatan biogas dari limbah kotoran ternak sapi diantaranya : 

1.  Kebutuhan pupuk buatan untuk tanaman bagi petani dapat di tekan, dalam proses limbah yang di hasilkan berupa pupuk organic dengan kandungan nutrien yang lebih tinggi dari kotoran sapi segar.

2. Pencemaran lingkungan dapat di tekan, hal ini penting karena selama ini pencemaran udara yang di timbulkan oleh kotoran ternak menjadi masalah yang sulit terselesaikan.

3.  Biaya kebutuhan untuk sehari-hari dapat dipenuhi, dengan pemamfaatan biogas maka kebutuhan bahan bakar telah tersubtitusi sehingga anggarannya dapat dialihkan untuk kebutuhan lainya.

4.  Kebersihan kandang ternak lebih terperhatikan, sehingga kenyamanan ternak akan lebih baik dan berdampak baik pula pada peningkatan konversi pakan menjadi daging.

5. Masyarakat lebih kreatif dan cerdas dalam memanfaatkan bahan- bahan di lingkungan untuk memenuhi kebutuhannya.

Singkatnya biogas merupkan solusi yang dapat membantu sukseSnya program ketahan pangan dan konversi minyak tanah ke gas melalui penyediaan pupuk organic, daging ternak dan biogas yang terhimpun dalam satu kegiatan yang murah dan sederhana. Bersambung...



Bersambung ke artikel : Pembuatan Biogas Skala Rumah Tangga

0 komentar

Iklan

My Profil

My Photo
Bungo, Jambi, Indonesia