}
Selamat Datang di SYAMBAYU8 : Article For Everyone. Terimakasih Telah Mengunjungi Kami
SYAMBAYU8. Powered by Blogger.

------------------------------

My Archive

Konten

Total Tayang

Top News

Usaha Tani (17)

Konten

Powered By Blogger

Wednesday, October 23, 2013

Pemanfaatan Lahan Pekarangan III

Artikel lanjutan dari : Pemanfaatan Lahan Pekarangan III

C. Pemeliharaan Terank dan Ikan di Lahan Pekarangan
pemanfaatan lahan pekarangan bukan hanya terbatas pembudidaya tanaman pangan dan horikultura melainkan bisa melakukan pemeliharan ternak dan ikan dengan kapasitas yang terjangkau oleh kondisi lahan di pekarangan.

a. Peternakan 

Pemeliharan ternak di lahan pekarangan dimaksudkan agar bahan pangan yang bergizi berupa daging selalu tersedia dan dapat menambah penghasilan keluarga. 

Pakan yang di berikan untuk ternak hendaknya menggunakan sisa hasil produksi tanaman pangan. Ternak yang dapat di pelihara di lahan pekarangan adalah unggas ( ayam, itik ) dan ternak kecil.

Dalam memelihara ternak untuk pertama kali di sarankan dari jumlah yang sedikit serta perlu memperhatikan, yaitu sebagai berikut :

1. Kandang

Kadang di buat di lahan pekarangan bagian belakang dan letaknya tidak terlalu dekat dengan rumah.

2. Pemeliharaan 

Ternak yang di pelihara perlu di jaga kesehatannya dengan memberikan makanan yang cukup dan bermutu serta menjaga kadang dan ternaknya agar tetap bersih sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit unggas.

3. Pencegahaan Penyakit

pemberian vaksi terhadap ternak sangat di ajurkan sebagai dasar pencegahan penyebaran penyakit unggas. Lakukan vaksinasi tetelo (ND) yang teratur pada ayam. Berikan obat-obatan sesui aturan dengan petunjuk dari petugas setempat.

D. Memelihara Ikan

Pemeliaharaan ikan dilahan pekarangan ditunjukan untuk memperoleh bahan makanan bergizi tinggi bagi keluarga.

Pada lahan pekarangan yang luas dapat dbuat kolam untuk memelihara ikan di sesuaikan dengan sumber airnya. Kolam pekarangan terbagi atas kolam dengan sumber irigasi atau sungai, air tadahan hujan dan air sumur.


Foto kolam ikan di lahan pekarangan samping rumah

Foto budidaya kacang panjang

0 komentar

Iklan

My Profil

My Photo
Bungo, Jambi, Indonesia