}
Selamat Datang di SYAMBAYU8 : Article For Everyone. Terimakasih Telah Mengunjungi Kami
SYAMBAYU8. Powered by Blogger.

------------------------------

My Archive

Konten

Total Tayang

Top News

Usaha Tani (17)

Konten

Powered By Blogger

Tuesday, October 29, 2013

Teknik Okulasi Tanaman Durian II

     Artikel lanjutan dari : Teknik Okulasi Tanaman Durian I
    

Untuk dapat menghasilkan bibit dengan cara okulasi, ada beberapa kegiatan yang perlu dilakukan, yaitu :

a. Pemilihan biji

Biji di peroleh dari buah yang baik, bebas dari hama dan penyakit, serta ukuran biji yang seragam. Hal ini di maksudkan untuk memperoleh tanaman onderstam (batang bawah) yang baik dan seragam


b. Penyemaian biji batang bawah

Penyemaian biji dilakukan dengan cara di semaikan pada polybag, dengan tujuan agar pekerjaan okulasi dapat lebih mudah dilakukan dan pemindahan tanaman ke kebun tidak mengganggu pertumbuhan tanaman. Biji yang baik sudah berkecambah pada hari ke 10 - 14 setelah di semaikan. Penyemaian biji di lakukan di bawah  naugan untuk menghindari terik matahari. Bibit batang bawah telah dapat di gunakan untuk okulasi setelah berumur 5-12 bulan.


c. Penempelan mata tunas

Penempelan mata tunas dilakukan pada batang epikotil, karena persentase keberhasilannya lebih tinggi dari pada penempelan pada batang hipokotil. Mata tunas di ambil dari cabang produktif yang sama besarnya dengan batang bawah, pilihanlah mata tunas yang subur dan berada pada awal pase pertumbuhan.


d. Pemeriksaan perisai mata tunas

Dilakukan samapai tiga minggu setelah okulasi, bila terlihat mata tunas masih hijau dan segar, berarti okulasi berhasil dengan baik. Seminggu kemudian potonglah pucuk batang lebih kurang 10 cm di atas mata okulasi, dengan cara menyayat 1/3 bagian dari batang lalu patahkan, sisakan 2-4 helai daun atas mata okulasi. Setelah mata tunas tumbuh dan membentuk daun, buanglah patahan batang tersebut.
Sebulan setelah mata tunas tumbuh, tanaman dapat dipindahkan ketempat yang lebih panas, untuk memperkuat fisik bibit. Hal tersebut dilakukan selam dua bulan, selanjutknya bibit dapat ditanam di kebun.


e. Penanaman

Penanaman dilakukan setelah tiga sampai empat minggu lubang tanam bi buat, atau satu sampai dua minggu setelah lubang taman diisi dengan tanah kembali. Hal itu dimaksudkan agar tanah yang akan di Tanami relative telah stabil. Sebelum bibit di tanam, polybag dibuka agar akar tanaman bebas berkembang.
Penanaman sebaiknya dilakukan pada musim hujan, karena untuk dapat tumbuh dengan baik tanaman durian muda memrlukan cukup air. Selanjutnya berilah naungan untuk menghindari sinar matahari langsung yang terik.


Penaungan dapat juga dilakukan dengan tanaman pisang yang ditanam terlebih dahulu dan bersifat sementara, Tanaman naungan tersebut di butuhkan selama dua tahun. Tanaman durian dapat di tanam dikebun, pekarangan, atau di lahan kehutanan, sesui dengan tujuan penanaman durian dan ketersedian lahan. 

0 komentar

Iklan

My Profil

My Photo
Bungo, Jambi, Indonesia