}
Selamat Datang di SYAMBAYU8 : Article For Everyone. Terimakasih Telah Mengunjungi Kami
SYAMBAYU8. Powered by Blogger.

------------------------------

My Archive

Konten

Total Tayang

Top News

Usaha Tani (17)

Konten

Powered By Blogger

Wednesday, November 13, 2013

Contoh Draft Proposal Skripsi II

Pengaruh Pemberian Dosis Pupuk Kompos Azolla Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Caisim (Brassica rapa cv. caisim ) Varietas Gardena



SYAMBAYU
NPM: 081016154211043


Dibawah Bimbingan:
      1.      Dr. Ir. Supriyono, MP      
      2.      Subagiono, SP


I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Sayuran merupakan komoditi yang berprospek cerah, karena di butuhkan sehari hari dan permitaanya cenderung meningkat sebagaimana jenis tanaman hortikultura lainnya, kebanyakan tanaman sayuran mempunyai nilai komersial yang cukup tinggi. Kenyataan ini dapat di pahami sebab sayuran senantiasa di komsumsi setiap saat.


Sawi atau Caisim (Brassica rapa ) merupakan salah satu jenis tanaman sayuran yang diambil hasilnya berupa dedaunan dengan kondisi iklim subtropics, tetapi mampu beradaptasi dengan baik pada kondisi iklim tropis. Caisim umumnya banyak ditanaman didataran rendah, tetapi dapat juga ditanaman didataran tinggi dan caisim tergolong tanaman yang toleran terhadap kondisi suhu tinggi (panas) pada kisaran suhu optimum 26°C-36°C.


Caisim adalah tanaman sayur-sayuran yang mudah dibudidayakan di antara tanaman sayuran-sayuran lainnya, karena caisim ini sangat mudah dikembangkan dan banyak kalangan yang menyukai dan memanfaatkannya. Selain itu juga sangat potensial untuk komersial dan prospeknya sangat baik. Menurut, Rukmana (1994), caisim mempunyai nilai ekonomi tinggi setelah kubis krop, kubis bunga dan brokoli.


Seperti tanaman lainnya caisim juga memiliki beberapa varientas, salah satunya adalah vareantas Gardena. Caisim varietas Gardena dapat dipanen pada umur 30-35 hari setelah tanam, tinggi tanaman 40 cm, warna tangkai hijau cerah, jumlah daun 12 helai, bentuk daun eliptik, memiliki potensi hasil rata-rata 400 pertanaman, ciri yang paling khas dari varientas Gardena di bandingkan dengan tanaman caisim varientas lain adalah memiliki warna daun hijau cerah, biasanya tanaman caisim yang banyak di budidayakan adalah tanaman caisim warna daun hijau cerah. Selain warna daun, ciri khas dari varientas Gardena adalah memiliki rasa daun yang tidak pahit, sehingga varientas Gardena ini banyak di gemari oleh  masyarakat (Wahyudi, 2010)


Permintaan masyarakat terhadap caisim yang semakin lama semakin meningkat, akan berpengaruh terhadap meningkatnya permintaan caisim di pasar, maka untuk memenuhi kebutuhan konsumen, baik dalam segi kualitas maupun kuantitas perlu dilakukan peningkatan produksi. Salah satu upaya untuk peningkatan hasil produksi dapat dilakukan dengan pemberian pupuk.  Pada saat ini pupuk organik mulai popular dikalangan petani perkebunan maupun masyarakat yang cinta terhadap lingkungan. Cukup banyak informasi dari hasil penelitian bahwa kesuburan tanah dan hasil tanaman tidak dapat ditingkatkan dengan hanya pupuk kimia saja. Pandangan umum saat ini bahwa bahan organik mempunyai peranan penting dalam mempertahankan kesuburan fisik, kimia dan biologi tanah. Salah satu pupuk organik ialah kompos.


Azolla adalah sejenis pakis (fern) air tawar yang hidup di kolam, danau, rawa dan sungai kecil baik di kondisi daerah tropis maupun sub tropis. Untuk berabad lamanya, azolla telah digunakan sebagai pupuk hijau di Cina Selatan dan Vietnam Utara (Imanuddin, 2007).


Kompos azola merupakan bahan organik yang memiliki kandungan unsur hara yang lengkap baik unsur  hara makro dan mikro yang berguna bagi pertumbuhan tanaman. Kompos azola dihasilkan dari  proses pencacahan tanaman azola yang masih segar dan melalui proses pendekomposeran melalui beberapa tahapan hingga menjadi butiran halus berupa serbuk yang disebut dengan pupuk kompos azola. Pupuk, azolla ini bisa menekan penggunaan pupuk urea sampai 65 Kg/ha. Pemanfaatan azolla bila dihitung dari berat keringnya dalam bentuk kompos (azolla kering) mengandung unsur Nitrogen (N) 3 - 5 %, Phosphor (P) 0,5 - 0,9 % dan Kalium (K) 2- 4,5 % (Rochdianto, 2004).

Penggunaan bahan organik dalam waktu yang lama dapat menyumbangkan unsur hara sehingga perlu dilakukan penelitian pemberian dosis kompos Azolla yang tepat diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan dan produksi tanaman dipandang dari sudut kuantitas dan kualitas serta memberikan hasil yang baik bagi tanaman sawi atau caisim.

Dari uraian diatas, penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “ Pengaruh Pemberian Dosis Pupuk Kompos Azolla Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Caisim (Brassica rapa cv. caisim ) Varietas Gardena”.

1.2 Perumusan Masalah
1. Apakah dengan pemberian berbagai dosis kompos azolla berpengaruh terhadap pertumbuhan dan hasil budidaya tanaman caisim ?
2. Apakah dengan pemberian pupuk kompos azolla berpengaruh terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman caisim ?


1.3 Tinjaun Penelitian
1. Untuk menguji pengaruh berbagai dosis kompos azolla terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman caisim.
2.  Untuk mengetahui pengaruh kompos azolla  terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman caisim


1.4 Kegunaan Penelitian
Penelitian ini berguna untuk mendapatkan data penyusun skripsi sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar sarjana di Fakultas Pertanian Universitas Muara Bungo, dan di harapkan pula dapat berguna untuk pedoman dan bahan pertimbangan bagi petani maupun instansi terkait dalam budidaya caisim.


1.5 Hipotesa
1. Diduga dosis kompos azolla berpengaruh terhadap pertumbuhan dan produksi hasil dari tanaman caisim.

2. Dengan pemberian pupuk kompos azolla berpengaruh terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman caisim. 

Baca juga :



0 komentar

Iklan

My Profil

My Photo
Bungo, Jambi, Indonesia