}
Selamat Datang di SYAMBAYU8 : Article For Everyone. Terimakasih Telah Mengunjungi Kami
SYAMBAYU8. Powered by Blogger.

------------------------------

My Archive

Konten

Total Tayang

Top News

Usaha Tani (17)

Konten

Powered By Blogger

Friday, October 25, 2013

Cara Menggunakan Alat Pembuat biogas

Artikel lanjutan dari : Pembuatan Biogas Skala Rumah Tangga


Edisi artikel Pembuatan Biogas Skala Rumah tangga telah di bahas bagaimana cara untuk membuat alat pembuat biogas secara sederhana skala rumah tangga. Kali ini akan membahas cara menggunakannya.



Edisi artikel Pembuatan Biogas Skala Rumah tangga telah di bahas bagaimana cara untuk membuat alat pembuat biogas secara sederhana skala rumah tangga. Kali ini akan membahas cara menggunakannya.


Pembuatan alat biogas selesai di buat tentu di lanjutkan dengan mengoperasikan alat biogas agar menghasilkan biogas. Dengan biogas yang di hasilkan secara mandiri di harapkan masa akan datang para petani atau masyarakat tidak tergantung dengan gas subsidi dari pemerintah dan nilai tambahnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


Adapun cara mengoperasikan alat cukup mudah, yaitu sebagai berikut :  


1. Isi digester dengan campuran air dengan kotoran ternak 1:1 sesui dengan kepadatan kotoran ternak sapi, isi sampai penuh di tandai dengan keluarnya kotoran limbah di paralon pembuangan.
2. Biarkan beberapa hari samapai tabung penampungan gas penuh. 
3. Setelah penuh keluarkan gas dari penampungan gas.
4. Kran di tutup rapat kompor gas dan biarkan gas terbentuk.
5. Setelah gas terbentuk dan penuh di penampungan gas, maka gas tersebut bisa langsung di gunakan untuk keperluan sehari – hari.

Konversi kotoran sapi dengan gas yang terbentuk perharinya sebagai berikut :
Sapi (besar) 15 kg        = 0,64 m3
Sapi (medium) 10 kg   = 0,43 m3
Sapi (kecil) 5 kg          = 0,34 M3


sedangkan kebutuhan gas untuk memenuhi keperluan rumah tangga perhari di perkiraan atau di duga sebesar 1.25 m3 atau setara 0,59 kg gas elpiji. jadi untuk memenuhi kebutuhan gas bagi keperluan rumah tangga di butuhkan kurang lebih 30 kg kotoran sapi atau setara dengan 1 ekor sapi besar, saru ekor sapi sedang dan satu ekor sapi kecil atau dua ekor sapi besar. Tamat

Gambar skemat alat biogas


0 komentar

Iklan

My Profil

My Photo
Bungo, Jambi, Indonesia