}
Selamat Datang di SYAMBAYU8 : Article For Everyone. Terimakasih Telah Mengunjungi Kami
SYAMBAYU8. Powered by Blogger.

------------------------------

My Archive

Konten

Total Tayang

Top News

Usaha Tani (17)

Konten

Powered By Blogger

Wednesday, October 23, 2013

Pemanfaatan Lahan Pekarangan II

Artikel lanjutan dari : Pemanfaatan Lahan Pekarangan I


A. Tanaman Pangan dan Hortikultura


Tanaman pangan yang di budidayakan perlu di sesuikan dengan kecocokan agroklimat. Pada umumnya budidaya tanaman pangan dan hortikultura berada di dataran rendah. Oleh karenanya tanaman yang di anjurkan, anatara lain kacang panjang, bayam, kangkung, pisang, dan pepaya.


a. Budidaya pisang

Budidaya pisang dapat di perbanyak dengan cara anakan atau kultur jaringan. Penanaman pepaya di atur dengan jarak tanam 2,5 x 4 meter. Setiap rumpun hanya di tinggalkan 3 tanaman agar tetap gemuk dan panen dapat diatur berurutan selang setiap 4 bulan.


b. Budiaya Pepaya

Tanaman pepaya yang biasa di budidayakan antara lain varietas diumpit, cibinong, jingga (solo) dan lainnya.
Cara menanam pepaya yaitu dengan menanam bibit pepaya 2 - 3 bibit pada setiap lubang tanaman. setelah besar dan membentuk bunga, kemudian di seleksi dengan meninggalkan 1 tanaman pepaya yang berbunga hermaphrodite atau bunga jantan dan betina dalam satu pohon dalam satu pohon/tanaman.


B. Tanaman Perkebunan

Tanaman perkebunan yang ideal di budidayakan di lahan pekarangan sebagai kebutuhan keluarga dan sumber pendapatan yaitu kelapa karena kelapa bukan tanaman perkebunan yang berbuah musiman melainkan sepanjang waktu.


Perbanyakan tanaman kelapa  menggunakan biji dan di tanam di lahan pekarangan di bagian belakang dan pinggir kiri kanan rumah.



Bersambung ke artikel : Pemanfaatan Lahan Pekarangan III

0 komentar

Iklan

My Profil

My Photo
Bungo, Jambi, Indonesia