}
Selamat Datang di SYAMBAYU8 : Article For Everyone. Terimakasih Telah Mengunjungi Kami
SYAMBAYU8. Powered by Blogger.

------------------------------

My Archive

Konten

Total Tayang

Top News

Usaha Tani (17)

Konten

Powered By Blogger

Wednesday, October 30, 2013

Manfaat Pupuk untuk Tanah

Pupuk atau unsur hara merupakan sumber makanan yang sangat penting bagi tanaman dan kehidupan organisme. Tanah yang kekurangan unsur hara biasanya akan menyebabkan terganggunya pertumbuhan tanaman dan struktur tanah.



Pemberian pupuk akan memperkaya tanah, tanah yang tidak subur bisa di buat subur, sehingga sumber makanan bagi tanaman tersedia. Adapun bersarnya pengaruh pupuk meliputi tiga hal yaitu :


1. Pembebasan kation


Saat pemberian pupuk akan menyebabkan beberapa jenis kation akan dilepaskan dari ikatannya menjadi ion-ion bebas yang tersedia bagi tanaman. Pelepasan kation akan berpengaruh terehadap mekanisme penyerapan unsur hara, sehingga bahan organik mudah terurai yang akan bisa segera dimanfaatkan oleh tanaman.


2. Pengaruh terhadap struktur tanah


pengaruh pupuk terhadap tanah dikarenakan kandungan unsur hara yang terkandung didalam pupuk, Pupuk yang baik untuk memperbaiki struktur tanah adalah pupuk organik karena pupuk organik mengandung unsur hara yang cukup komplit baik unsur hara makro dan mikro serta adanya mikroorganisme.


Pemupukan dengan pupuk organik mengakibatkan struktur tanah menjadi lebih kaya, daya ikat terhapat air semakin tinggi, tanah yang berat akan menjadi ringan.

3. Daya tahan tanaman

Seprti halnya manusia bila asupan gizi terpenuhi tentu pertumbuhan dan kondisi tubuh akan baik, begitu juga dengan tanaman bila kebutuhan unsur hara terpenuhi dengan pemberian pupuk pertumbuhan dan perkebangan tanaman tidak akan terganggu.

Pemberian pupuk memang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan unsur hara tanaman, unsur hara yang kurang di dalam tanah butuh adanya asupan tambahan unsur hara dengan pemberian pupuk agar bisa memenuhi kebutuhan tanaman. Tetapi perlu di perhatikan pemberian yang berlebihan baik itu pupuk organik apalagi pupuk anorganik tentu akan ada akibatya oleh karenanya penggunaan pupuk harus benar-benar memperhatikan aturan pakai atau dosisnya

0 komentar

Iklan

My Profil

My Photo
Bungo, Jambi, Indonesia