Artikel lanjutan dari : 9 Apek Penting Menuju
Sukses Berwirausaha I
4. Membuat Perencanaan
dan strategi bisnis yang efektif
kegagalan bisnis sekala
kecil dan menengah secara umum di akibatkan karena tidak efektifnya perencanaan
bisnis. sistematika perhitungan dan proyeksi pendapatan dan biaya harus di buat
secara tepat.
5. Pengetahuan dasar
manajemen, organisasi, dan system
manajeman sangat di
butuh untuk usaha sekala kecil hingga usaha besar. Manajeman di butuhkan untuk
memastikan prose pemasaran, produksi, distribusi dan penjualan dapat berlangsung
lancer, efektif, dan efisien.
6. Optimalisasi sumber
daya manusia
Sumber daya manusia
(SDM) merupakan salah satu kunci yang sangat penting untuk mencapai suksenya
usaha. SDM yang tepat sama halnya telah setengah jalan untuk sukses, SDM yang
tepat mampu menutupu kelemahan Manjeman, Organisasi, dan system dalam jangka
pendek.
7. Kreativitas,
kepemimpinan, dan proses pembuatan keputusan
Kreativitas sangat
dibutuhkan untuk membantuk menyesuikan produk-produk agar mudah di terima dan
melihat berbagai peluang di pasar.Sedangkan kepemimpinan dibutuhkan untuk
memberikan solusi di setiap permasalah yang sangat penting di saat terjadi
krisis. Proses pembuatan keputusan akan membantu dalam mencari arternatif
solusi dan memilih yang terbaik untuk usaha.
8. Pengetahuan dasar
pengelolaan keuangan dan pembiayaan
Pengelolaan uang sangat
di perlukan di setiap jenis usaha baik itu usaha sekala kecil, menengah dan
besar. Pengelolaan yang tidak baik akan menyebabkan terganggunya produksi,
contohnya kekurangan dana saat produksi dengan bahan baku yang tidak mencukupi,
alat produksi yang kurang maksimal, dan lain sebagainya. Oleh karena seorang
calon pengusaha dan akan merintis usahanya harus memiliki pengatahuan dasar
atau cash flow atau arus kas, seperti biaya pendanaan, pembiayaan modal kerja
dan investasi, struktur modal, asset perusahaan, penyertaan modal, dan
lain-lain.
9. Pemasaran,
pelayanaan dan brend
Calon pengusaha perlu
mengetahui secara menyeluruh semua aspek penting dalam membuat srategi
pemasaran, identifikasi pelayanaan yang di butuhkan pelanggan, dan bagaimana
untuk menciptakan product brend serta efeknya bagi keberhasilan usaha. Sebaik
apapun produk atau jasa yang di buat, tanpa pemasaran yang baik akan sangat
sulit untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan usaha.
0 komentar
Post a Comment