}
Selamat Datang di SYAMBAYU8 : Article For Everyone. Terimakasih Telah Mengunjungi Kami
SYAMBAYU8. Powered by Blogger.

------------------------------

My Archive

Konten

Total Tayang

Top News

Usaha Tani (17)

Konten

Powered By Blogger

Tuesday, November 5, 2013

Tanaman Jambu Mede (Anacardium occidentale)

Jambu monyet atau sering juga di sebut dengan nama jambu mede merupakan tanaman yang berasal dari Brasil dengan nama latin atau nama spesies (Anacardium occidentale). Secara botani jambu mede bukan tumbuhan dari anggota jambu-jambuan Myrtaceae atau pun kacang-kacangan Fabaceaea melainkan maasih dekat kerabatannya dengan mangga Anacardiaceae.



Dalam bahasa inggris jambu mede di kanal dengan nama cashew (tree), yang di turunkan dari perkataan portugis untuk menamai buahnya, Caju, yang juga merupakan pinjaman dari nama dalam bahasa Tupi, Acaju, sedangkan nama marganya (anacardium) merujuk pada bentuk buah semunya yang seperti terbalik.


Di Indonesia jambu mede atau jambu mente di kenal dengan berbagai nama yang berbeda di setiap daerah, contohnya di Jawa di sebut dengan  jambu mente sedangkan di Banjarmasin dikenal dengan nama jambu dipa dan di Bali  jambu dwipa, jambu jipang, dan jambu monyet, dan lain-lain.


Bentuk pohon berukuran sedang, dengan tinggi tanaman bisa mencapai 12 m. dengan tajuk melebar, bercabang-bercabang. Sedangkan warna daun terletak pada ujung ranting. Helai daun bertangkai, bundar terlur terbalik


Dari segi manfaat kacang mede bukan saja enak dimakan sebagi cemilan melainkan bermanfaat juga bagi kesehatan tubuh. Adapun manfaat dari kacang mede adalah sebagai berikut : 



A. Berat badan  



Kacang mete kaya asam pinoleic. Asam lemak pinoleic dalam penelitian ilmiah terbukti menjadi penekan nafsu makan. Kerja dari asam pinoleic menyebabkan tubuh melepaskan hormon cholecystokinin (CCK) dan glucagon-like peptide-1 (GLP-1). Kedua hormon tersebut dapat menyebabkan selalu merasa lapar.



B. Menjaga kesehatan kardiovaskular



Kacang mete merupakan sumber lemak monosaturated dapat menurunkan kadar kolesterol. Dengan mengonsumsi kacang mete bisa menurunkan risiko terkena serangan jantung dan stroke. Kacang mede juga mengandung vitamin E, K, tembaga, besi, dan mangan yang semuanya berkontribusi terhadap kesehatan jantung.



C. Tinggi zat besi



Kacang mete kaya akan zat besi yang digunakan tubuh dan manfaat lainnya. Tembaga yang terkandung dalam kacang mede juga membantu dalam penyerapan zat besi oleh tubuh.



D. Antipenuaan



Kandungan antioksidan tinggi yang sehingga melindungi tubuh terhadap kerusakan akibat radikal bebas sehingga memperlabat proses penuaan.



F. Kesehatan mata




Kacang mete mengandung lutein yang membantu untuk menyaring sinar UV dan mencegahnya merusak makula, yaitu wilayah retina yang berperan dalam penglihatan. Degenerasi makula meningkat seiring bertambahnya usia dan lutein membantu mencegah penglihatan semakin buruk. Kacang mete juga mengandung beta-karoten yang membantu tubuh memproduksi vitamin A yang merupakan vitamin yang sangat di butuhkan oleh mata untuk kesehatan mata.




G. Meningkatkan energi




Kacang mete mengandung protein. Protein butuhkan untuk memperbaiki dan membangun jaringan. Protein alami seperti kacang mede merupakan bahan energi tahan lama, sehingga tidak membuat cepat kelelahan.

0 komentar

Iklan

My Profil

My Photo
Bungo, Jambi, Indonesia