}
Selamat Datang di SYAMBAYU8 : Article For Everyone. Terimakasih Telah Mengunjungi Kami
SYAMBAYU8. Powered by Blogger.

------------------------------

My Archive

Konten

Total Tayang

Top News

Usaha Tani (17)

Konten

Powered By Blogger

Wednesday, November 6, 2013

Tanaman Ubi Jalar ( Ipomea batatas L. Sin)

Tanaman ubi jalar Ipomea batatas L. Sin. Diduga berasal dari Benua Amerika. Para ahli botani dan pertanian memperkirakan daerah asal tanaman ubi jalar adalah Selandia Baru, Polinesia, dan Amerika bagian tengah.



Penyeberan umbi jalar di perkirakan terjadi pada abad ke-16, ubi jalar mulai menyebar keseluruh dunia, terutama negara-negara beriklim tropika. Penyebaran ubi jalar pertama kali terjadi mulai ke spanyol melalui Tahiti, kepulauan Guam, Fiji, dan Selandia Baru.


Pada tahun 1960-an penanaman ubi jalar sudah meluas hampir di semua provinsi di Indonesia. Daerah sentral produksi ubi jalar pada mulanya terpusat di Pulau Jawa, terutama Kabupaten Bogor, Garut, Bandung, Kuningan, Serang, Sukabumi, Purwakarta dll.


Adapun morpologi dari tanaman umbi jalar yaitu sebagai berikut:


Batang tanaman berbentuk bulat, tidak  berkayu, berbuku-buku, dan tipe pertumbuhaan tegak atau merambat. Panjang batang tanaman merambat antara 2-3 m dan pada tipe tegak antara 1-2 m. warna batang hijau tua sampai keungu-unguan.


Daun berbentuk bulat sampai lonjong dengan tepi rata atau berlekuk dangkal sampai berlekuk dalam, sedangkan bagian ujung daun meruncing. Helaian daun berukuran lebar, menyatu mirip bentuk jantung, namun ada pula yang bersifat menjari. Daun biasanya berwarna hijau tua atau hijau kekuning-kuningan.


Bunga ubi jalar berbentuk mirip terompet tersusun dari lima helai daun mahkota, lima helai daun bunga, dan satu tangkai putik. Mahkota bunga berwarna putih atau putih keungu-unguan. Bunga ubi jalar mekar pada pagi hari mulai pukul 04.00-11.00 wib. Bila terjadi penyerbukan buatan, bunga akan berbentuk buah.


Bentuk ubi biasanya bulat sampai lonjong dengan permukaan rata sampai tidak rata. Bentuk ubi yang ideal adalah  lonjong agak panjang dengan berat antara 200g-250g per ubi. Kulit ubi biasanya berwarna putih, kuning, ungu kemerah-merahan, struktur kulit ubi antara tipis sampai dengan tebal dan biasanya bergetah.



Sedangkan kandungan gizi umbi yaitu kalori 123,00 kkal, protein 1,80 gram, lemak 0,70 gram, karbohidrat 27,90 gram, air 68,50 gram, serat kasar 1,20%, kadar gula 0,40 %, beta karoten 174,20 SI.  

0 komentar

Iklan

My Profil

My Photo
Bungo, Jambi, Indonesia