}
Selamat Datang di SYAMBAYU8 : Article For Everyone. Terimakasih Telah Mengunjungi Kami
SYAMBAYU8. Powered by Blogger.

------------------------------

My Archive

Konten

Total Tayang

Top News

Usaha Tani (17)

Konten

Powered By Blogger

Tuesday, October 29, 2013

Media Tumbuh Jamur Tiram Putih : Limbah Jerami Padi

“Permasalah yang akan terjadi bila media tanam jamur tiram hanya menggunakan serbuk gergaji adalah bila terjadinya kelangkaan serbuk gergaji.  Oleh karena itu, perlu adanya sumber media tumbuh jamur tiram putih selain dari serbuk gergaji yaitu menggunakan media tumbuh jerami padi.”



Pada umumnya media tumbuh jamur tiram putih banyak yang menggunakan serbuk gergaji sebagai media tanam. Hanya saja permasalah yang akan terjadi bila media tanam jamur tiram hanya menggunakan serbuk gergaji adalah bila terjadinya kelangkaan serbuk gergaji. Oleh karena itu, perlu adanya sumber media tumbuh jamur tiram putih selain dari serbuk gergaji yaitu menggunakan media tumbuh jerami padi.


Pemanfaat limbah jerami padi untuk media tumbuh jamur tiram cukup mudah yaitu sebagi berikut :


Jerami terlebih dahulu di cacah 2-3 cm, kemudian di masukan dalam karung dan direndam dalam air. Selanjutnya karung di tiriskan dan dimasukan kedalam kantong plastic pp tahan panas berukuran 20-30 cm sampai cukup padat sehingga beratnya sekitar 1000 gr. Kantong plastic berisi substat tanaman di tegakan dengan bagian kantong palatis yang terbuka menghadap keatas.


Kemudian media bibit semai di biarkan selama 24 jam dalam keadaan mulut media bibit semai terbuka. Setelah itu kantong plastic di pasangi cincin yang terbuat dari pipa paralon berdiameter 2,5 cm dan di tutup dengan potongan kapas, diikat dengan karet gelang sehingga menjadi media semai jamur tiram.


Media semai jamur di steralisasi di dalam drum pengukus selama 8 jam, kemudian di dinginkan selama 24 jam. Media semai jamur tiram di inokulasi secara asaptis dengan memasukan jamur sebanyak tidak sendok, kemduan media jamur tiram di tutup dengan kapas dan plastic kecil yang sudah di beri ring. Media semai jamur tiram yang sudah di inokulasi kemudia di inkubasi selama 20-25 hari sengan suhu 22-28˚ C. 


Jika seluruh permukaan media semai jamur tiram sudah rata ditumbuhi dengan meselium maka di lakukan pemeliharaan di rumah jamur. Panen badan jamur di lakukan 3-4 hari setelah munculnya tunas. Hasil berat panen per media semai jamur tiram 80-90 gr. 

0 komentar

Iklan

My Profil

My Photo
Bungo, Jambi, Indonesia